Mengapa Garam digunakan untuk melelehkan salju?

Begini penjelasan tentang garam dapat melelehkan salju:
Air murni membeku pada suhu nol derajat, ketika kita tambahkan garam, air baru bisa membeku pada suhu yang lebih rendah. Untuk 10% larutan garam dapat membuat air membeku hingga -6 derajat celcius.
Ketika kita tambhakan 10% garam pada salju (misalkan suhu salju sekitar -5 derajat celcius) maka salju tidak akan membeku lagi. Ia akan mulai mencair. Ia akan mulai membeku ketika suhunya kita turunkan hingga -6 derajat celcius.
Mengapa bisa begitu? ketika kita menambahkan garam pada es, molekul molekul garam akan menumbuk molekul molekul es. Akibatnya molekul es akan bergerak lebih cepat. Molekul yang bergerak lebih cepat ini akan menumbuk molekul molekul lain, akibatnya secara rata rata molekul molekul es akan bergerak lebih cepat. Molekul es yang bergerak lebih cepat ini akan membuat es ini mencair.


Terimakasih sama agan dibawah ini yang telah menjelaskan lebih:

Perubahan titik beku = konstanta perubahan titik beku air x molalitas zat terlarut x faktor vant hoff

Molalitas = banyaknya zat-satuan gram x 1000 / massa molekul relatif * banyaknya pelarut-satuan gram

intinya, makin banyak garam yang dilarutkan dalam air, makin rendah titik beku air. atau makin banyak garam dipakein ke salju, makin banyak salju yang meleleh.
terkait es lilin dan es digaramin, es digaramin titik bekunya lebih rendah dibandingkan cairan es lilin yang belum beku. es digaramin punya titik beku -10, tergantung banyak garam yang dipake, akan mudah membekukan cairan es lilin yang ga ada penurun titik beku sebanyak es digaramin

1 komentar:

Dialodangue mengatakan...

Dapat nilai 100 nih... hhaha

Poskan Komentar

Write here, about you and your blog.
 
Copyright 2009 Chemistry All rights reserved.
Free Blogger Templates by DeluxeTemplates.net
Wordpress Theme by EZwpthemes